January 05, 2012

Visual Kei Abroad

Hi everyone!
Seperti yang gw janjikan di post sebelumnya, gw mau ngepost band band visual kei di negara selain Jepang nih. ^^
Disadari atau tidak, saat ini Asia sedang dilirik sebagai trend oleh berbagai negara nih guys. Tentu saja Jepang termasuk perhitungan. Apalagi trend mode di Jepang termasuk exclusive. Atau dengan kata lain, berbeda dengan trend mode di negara lain karena punya ciri khas tersendiri.
Hal ini juga berpengaruh pada produk lain, seperti teknologi dan musik.
Yap! Musik Japanese Rock sekarang sudah gak asing lagi. Band band papan atas di Jepang juga sudah seringkali mengadakan konser di negara lain seperti Eropa dan Amerika. Alhasil, sekarang banyak bermunculan band band di berbagai negara yang terinspirasi dengan band band dari Jepang, terutama dari band visual kei. Gaya visual kei pun semakin marak digunakan.
Nah, emang kayak gimana sih band visual kei di berbagai negara? Check This Out! ;)

  • Visual Moon (Mongolia)
Band yang beranggotakan Akai (vocalist), Tem (guitarist), Kazuya (Bassist), Dson (keyboardist), dan Jack (drummer) ini berasal dari Mongolia. Pv mereka yang pertama berjudul NEO. Tapi musiknya agak electric gitu. Mungkin karena mereka punya keyboardist yang juga menyumbang electric effect di musik mereka. Tapi so far so good sih. Mereka juga sempat berkolaborasi dengan penyanyi mongol, KIWI. And, Bassist mereka keren. LOL. Gw ga bisa cari info lebih lanjut nih. ごめんなさい! >.<
Karena selain masih baru, kebanyakan infonya ditulis dalam bahasa Mongolia. Dan gw ga bisa bacaa.. x(
Yah, coba dilihat dulu aja video mereka ya. Ini linknya di youtube. :)
Dan yang ini kayaknya official page mereka di youtube. Coba di cek yaa.. :)

  • Male Rose (Thailand)
Nah, band visual kei dari Thailand ini beranggotakan Eak (vocalist), Zhiro (guitarist), Aof (guitarist), Tem (bassist), dan Top (drummer). Dulu sih gw tau mereka karena mereka sering banget cover lagu lagunya The Gazette. Dan saat cover The Gazette, dandanan mereka mirip banget, hampir seperti cosplay. Apalagi vocalist mereka, sering ngikutin gaya Ruki (vocalist The Gazette) waktu lagi manggung. Walaupun belum punya lagu sendiri, mereka udah cukup terkenal saat itu. Nah, sekarang akhirnya mereka punya lagu sendiri, dan sudah ngluarin single berjudul Rose. Pv pertama mereka, berjudul sama dengan judul singlenya, yaitu Rose. Pvnya bisa dilihat di youtube:
Dan ini official page mereka:
Di cek ya lagu lagunyaa. :))

  • Jelly Fish (Indonesia)
Nah kalau yg ini. *ehemm* dari Indonesia..! *excited* Mereka terdiri dari Aria (vocalist), Taku (guitarist), Bio (guitarist), Iru (bassist), Tian (drummer), dan Riyo (keyboardist). Mereka pertama kali terbentuk tahun 2008, tapi nama mereka Flush Band. Saat itu mereka berlima, yaitu Taku, Iru, Bio, Tian, dan Kay sebagai vocalist. Tapi, Kay keluar karena urusan studi. Akhirnya mereka merekrut Aria dan Riyo, sehingga di akhir tahun 2008 lahirlah JellyFish. Waktu masih Indie, mereka sering banget cover lagu lagu dari The Gazette, Alice Nine, Deluhi, dll. Hingga akhirnya mereka bergabung dengan label Nagaswara di tahun 2011. Pv pertama mereka berjudul Maafkan Aku. Keren kok lagunya. 
Pv mereka bisa dilihat di youtube. Ini linknya:
Dan ini beberapa site yang update info tentang mereka. Di cek ya. :))

  • Nemesis (South Korea)
Nah, kalau yg tiga barusan tergolong masih baru nih, band yang satu ini udah termasuk lama guys di industri musik. Mereka dibentuk tahun 2001. Mereka mengaku banyak mendapat pengaruh dari band band visual kei Jepang. Walaupun dandanan mereka gak se-extreme di Jepang sih. hehehe. Personel mereka terdiri dari Noh Seungho (vocalist), Ha Sebin (guitarist), Jeon Gwiseung (guitarist), Choi Sungwoo (bassist), Jung Euyseok (drummer). Walaupun sudah mengeluarkan 3 full album, 2 digital single, dan 1 album soundtrack, anehnya mereka baru me-release 2 video klip nih. Yaitu Rose De Versailles (베르사이유의 장미) pada tahun 2005 dan Sad Love Waltz (슬픈 사랑의 왈츠) pada tahun 2009. Pv mereka yang Rose De Versailles keren! Bisa dilihat di youtube, ini linknya:
Dan ini official page mereka:

Ada satu lagi nih band visual kei dari Korea Selatan. Dan image-nya memang lebih visual kei. Tapi kalau dari musik, mmm... ya coba dilihat sendiri aja deh ya. :)
Nah, mereka ini Angel Heart.
Mereka ini dibentuk tahun 1999. Wow, lama ya. Kalau pengin tahu lagunya, pv mereka yang gw tahu sih judulnya Scarlet Eyes sama Desire Love. Coba di search aja di youtube ya. :))
Btw, pada tahu Trax kan?? Trax itu band dari Korea Selatan yang berasal dari agensi SM Entertainment. Yap, mereka satu agensi sama boyband dan girlband super famous, Super Junior dan Girls Generation. Nah, mereka ini dibentuk dan diproduseri sama pendiri band super terkenal di Jepang, X-Japan, yaitu Yoshiki. Makanya musik mereka banyak terpengaruh sama Japanese Rock nih. Tadinya sih cuma mereka band rock dari Korsel yg gw tahu. Dan gw ngefans sama gitarisnya, Jung Mo. :p
Btw, gw nemu foto mereka waktu masih visual kei nih.. Ta-da!

Sayang yah, mereka ditinggal sama bassist dan drummer mereka. Jadi sekarang tinggal dua deh. Jay (vocalist) dan Jung Mo (guitarist). Gaya mereka juga semakin jauh dari visual kei. Dan musik mereka gak se nge-rock dulu lagi. hiks. Tapi tetep worth to listen kok lagu mereka. Dan Jung Mo masih keren seperti biasa. LOL.

Nah, itu tadi band band visual kei dari negara lain yg gw tahu. Tapi yang gw sebutin barusan masih di Asia nih. Mau tahu yang dari Europe sama US??
Kalau secara personal sih, gw lebih suka yang dari Asia. Kalau yang dari Eropa kesannya gimanaa.. gitu. hehe. Nah, gw dapet info nih dari youtube soal band visual kei di Europe sama US. Semoga bisa nambah pengetahuan J-Lover yaa.. Check This Out! :)

  • Dreams not Reality (Italy)
  • Gothic Dolls (Spain)
  • Kyrielle (Sweden)
  • Lyre (France)
  • Pinku Jisatsu (Spain)
  • Junction Skies (Sweden)
  • Guren (Belgium)
  • GaïdjinN (France)
  • Seremedy (Sweden)
  • Closer (France)
  • Kogure (Germany)
  • Akado (Russia)
  • Tenshi no Yume (United States)
  • Machina Shogunate (United Kingdom)
  • Kage no Shujin (Switzerland)

Nah, barusan itu band band visual kei di berbagai negara yg gw tahu. Ada yang tahu tentang band band lain?? :))
Nah, btw ada juga band dari Hollywood yang menurut gw gayanya mendekati visual kei.
Tokio Hotel! Yap, mereka ini band dari Germany yang udah debut ke Hollywood. Gak tahu sih mereka visual kei atau gak, yang pasti vocalist mereka nyentrik abis. hahaha.
Kalau yang ini, Black Veil Brides. Tadinya sih mereka cuma bertiga, dan yang gayanya nyentrik cuma si vocalist, Andy Sixx. Tapi begitu mereka tambah anggota jadi berlima, entah mengapa gaya mereka jadi begini nih guys. Haha.

Yap, mungkin segitu aja info dari gw. See you in the next opportunity! :))

4 comments: