June 21, 2012

Mystery Solved!

Hey! I'm back! ^^
Ya Tuhan, lagi-lagi blog ini saya biarkan begitu saja. Balik2 debu-nya udah lima centi deh ini. xD
Yap, sebetulnya gw ngapain aja sih beberapa bulan ini?
ya apalagi kalau bukan tugas kuliah yg banyaknya ga manusiawi? Tapi selain tugas kuliah gw juga terlibat suatu proyek. Yah, mungkin gw ceritain lain kali. v^^

OK. cukup curhatnya. :p
Sekarang gw mau share soal topik yg lg gw suka! *share sama curhat sama gak sih fir?* (oh sama ya? bodo amat deh. :p)
Yah, sekarang gw lagi suka sama cerita misteri. Atau cerita tentang detektif gitu! ^^
Dari dulu cerita detektif memang ga ada matinya ya. Meskipun topiknya agak berat, tapi tetep aja cerita misteri banyak digemari. :D

Memang apa aja sih cerita detektif tuh? Cekidot ya. :)
  • Sherlock Holmes
 
Wah, pasti udah pada tahu dong soal Sherlock Holmes? Yap tokoh fiksi karangan Sir Arthur Conan Doyle yang ditulis sejak tahun 1881 ini betul2 cerita sepanjang masa deh. Jangan ngaku suka misteri kalau gak kenal tokoh satu ini. xD
Bahkan saking terkenalnya, seorang pematung dari Inggris, John Doubleday, membuat sebuah patung Sherlock Holmes di Meiringen, Swiss.
Holmes tinggal di Baker Street 221B dengan sahabat sekaligus partner sejatinya, Dr. John H Watson. Kasus-kasus yg terkenal dari Sherlock Holmes adalah saat dia melawan Arsene Lupin dan Jack the Ripper. :)
Kalau kalian gak betah baca novel, Sherlock Holmes sudah diangkat ke layar lebar kok.
Yaitu Sherlock Holmes (2009), Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011), Young Sherlock Holmes (1985). Kalau mau cari yg lebih lama lg juga ada. (sekitar tahun 1935-1939). Seperti The Adventures of Sherlock Holmes, The Hound of the Baskervilles, dll. Tapi filmnya masih hitam putih. :p
But I must say that novelnya jauh lebih bagus. Jadi readers musti baca deh. ^^
Kalau mau tahu lebih banyak soal detektif ini, kalian bisa coba ke situs ini:
  • Hercule Poirot
Hercule Poirot adalah tokoh yang paling terkenal dari karya-karya Agatha Christie. Dalam pemecahan kasus, Poirot menggunakan metode pendekatan psikologis. Berbeda dengan Sherlock Holmes yang aktif mencari petunjuk dan informasi. Kadang dia dibantu oleh sahabatnya Arthur Hastings. Seperti Holmes, Poirot juga memiliki alamat yaitu di 56B Whitehaven Mansions, Sandhurst Square.
Berbeda dengan Sir Arthur Conan Doyle yang memfokuskan karyanya pada Sherlock Holmes, Agatha Christie memiliki banyak tokoh fiksi lain selain Poirot. Seperti Miss Marple, Tommy and Tuppence, dan Mr Harley Quinn. dan salah satu karyanya yang paling terkenal adalah The A.B.C Murders dan Curtain (karya yang menceritakan kematian Poirot).
Poirot sudah di filmkan dan dijadikan TV series. Begitu pula dengan Miss Marple dan Tommy and Tuppence.
Kalau mau tahu lebih banyak soal Agatha Christie, here the link.


Untuk karya-karya lainnya, bisa dilihat di situs ini. :)

Selain Sir Arthur Conan Doyle dan Agatha Christie, gw juga suka sama novelis misteri modern, yaitu Dan Brown.
Pasti tahu dong, karyanya yang kontroversial yaitu The Da vinci Code dan Angels and Demons. Kedua karyanya barusan sudah di film kan dan menarik banyak penonton. Karyanya yang lain adalah Digital Fortress, Deception Points dan The Lost Symbol. Dalam karya-karyanya, Dan Brown menggunakan fakta dan penelitian yg dia lakukan kemudian dituangkan dalam sebuah novel. Contohnya dalam Deception Points yang menceritakan tentang konspirasi yang dilakukan NASA.
Sedangkan karyanya The Da Vinci Code, Angels and Demons, dan Lost Symbol adalah sebuah seri dengan tokoh utama seorang dosen bernama Robert Langdon. Ketiga novel ini menjelaskan tentang konspirasi yang dilakukan agama. Sehingga cukup mengundang kontroversi dan tentangan dari kaum religius. Seperti Angels and Demons yang menceritakan tentang Ksatria Templar dan Lost Symbol yang menceritakan tentang Illuminati.

Ok ok. Selain novel, gw juga mau bahas soal komik detektif. Oh I love manga. ^^

Nah ini contoh komik detektif yg oke. ;) 
  • Detective Conan (名探偵コナン)

Kalau yang ini sih gak usah dijelasin lagi pasti readers udah tahu dong. ^^

Komik ini memang udah terkenal banget. Dan sempat dibuat Conan the Movie dan Live Action nya. :)


Live Action untuk Conan 1 dan 2 diperankan oleh Oguri Shun (Shinichi Kudo) dan Tomoka Kurokawa (Ran Mouri). Sedangkan untuk Conan Series 3, diperankan Mizobata Junpei (Shinichi Kudo) dan Shiori Kutsuna (Ran Mouri). Yang ketiga ini dibuat tahun 2011, dan lebih panjang dari yang pertama. Berbentuk dorama sebanyak 13 series. ^^


Sayangnya live action ini lebih fokus ke Shinichi Kudo. Mungkin karena lebih gampang diatur kali ya? hehe. However, ini pemeran Conan Edogawa dan Ai Haibara:


かわいい!

  • Detective School Q (探偵学園Q)
Manga ini bercerita tentang Detektif Dan yang ingin mencari penerusnya sebagai detektif. Akhirnya dia membuka sekolah Detektif yang bernama Dan Detective School. Dalam sekolah ini tiap kelas berisi 5 orang anak. Kelas-kelas itu di urutkan sesuai abjad, Kelas A, Kelas B, dst sesuai dengan kepintaran dan keahlian anak tersebut yang sebelumnya diuji melalui sebuah test. Dari semua kelas, Kelas Q adalah kelas spesial, dan murid yg berhasil masuk kelas itu akan menjadi calon penerus Detektif Dan.
Nah, inti cerita ini adalah 5 orang anak yg berada di kelas Q yaitu Kyu Renjo, Megumi Minami, Kazuma Narusawa, Kintaro Toyama, dan Ryu Amakusa. Mereka berlima sering ditugaskan untuk menyelidiki kasus pembunuhan dan membantu kepolisian yang memiliki relasi dengan sekolah tersebut.

Cerita ini juga sudah dibuat drama live action sebanyak 11 episode.
Pemerannya adalah: Kamiki Ryunosuke (Kyuu Renjo), Shida Mirai (Minami Megumi), Yamada Ryosuke (Amakusa Ryu), Kaname Jun (Toyama Kintaro), Wakaba Katsumi (Kazuma Narusawa).

Ceritanya kurang lebih sama dengan di manga. Live action nya keren. ^^
Sebelum dorama ini, ada juga Detective School Q 'Special'. Menceritakan waktu mereka baru bertemu di tes penerimaan murid sekaligus pembagian kelas. :)
  • Psychic Detective Yakumo ( 心霊探偵 八雲)
Kalau ini agak berbau horor nih guys. Manga ini diadaptasi dari novel karya Manabu Kaminaga. Bercerita tentang Saitou Yakumo yang memiliki kemampuan melihat dan berkomunikasi dengan makhluk halus melalui mata kirinya yang berwarna merah. Dia sering diminta bantuan oleh orang lain untuk memecahkan kasus yang ada hubungannya dengan arwah. Bahkan kepolisian juga sering meminta bantuan karena kemampuannya ini. Dia pribadi yang dingin dan anti sosial. Hingga akhirnya dia bertemu dengan Ozawa Haruka, salah seorang kliennya, yang akhirnya sering membantu Yakumo memecahkan kasus. Sejak pertemuannya ini, Yakumo perlahan-lahan mau membuka hatinya dengan orang lain.

Manganya sendiri ada dua versi:
Ini versi yang digambar oleh Miyako Ritsu. ^^
Dan ini versi kedua yang digambar ulang pada tahun 2009. Ilustrasi oleh Suzuka Oda.
Menurut gw sih lebih keren versi yang pertama. Hehe. Kalau kalian gimana? :)
Psychic Detective Yakumo juga sudah dibuat live action. Dalam 2 seri juga.
Versi 2006
Versi 2009
  • Another ( アナザー)
Satu lagi cerita yang bergenre horor. Another diadaptasi dari sebuah novel karya Ayatsuji Yukito.
Bercerita tentang sebuah kelas yang terkena kutukan. Kelas itu dikutuk karena 26 tahun yang lalu (latar belakang cerita tahun 1998) seorang murid yang sangat pintar dan populer bernama Misaki Yomiyama meninggal karena kecelakaan. Karena tidak bisa menerima kematiannya, seluruh murid di kelasnya, Kelas 3-3 menganggap dia masih hidup dan berbicara dengan kursinya yang kosong. Bahkan guru-guru juga menganggap Misaki masih hidup dengan menyertakan namanya dalam absen. Karena perlakuan mereka, Misaki muncul di foto album kenangan sekolah. Sejak saat itu, kelas 3-3 dirundung kesialan. Setiap tahun, satu arwah akan terpanggil dan membaur dengan seisi kelas. Tak ada yg tahu siapa arwah tersebut. Dan hal itu menyebabkan murid kelas 3-3 beserta keluarganya dikejar kematian.

Novel ini diadaptasi menjadi manga dengan ilustrator Hiro Kiyohara.
Kyouichi Sakakibara dan Misaki Mei. Tokoh utama yang membongkar siapa arwah penyusup kelas 3-3 di tahun 1998.

Cerita ini juga diadaptasi menjadi drama live action yang diperankan oleh Ai Hashimoto (Misaki Mei) dan Kento Yamazaki (Kouichi Sakakibara).
  • Death Note (デスノート)
Okay, I shouldn't bring this again. But, c'mon guys! This manga is awesome!
Berkali-kali dibaca tetep aja cerita ini keren banget. Tsugumi Ohda is such a genius. And Takeshi Obata is really a great artist. Dan jangan lupa live actionnya. It's great! Speechless deh. ^^
But readers tau gak nih kalau Death Note itu ada novelnya? Okay, FYI, Nisio Isin membuat sebuah novel pra sekuel dari Death Note. Jadi novel ini pure cerita detektif, belum ada Death Note dan Shinigami. Novel ini diberi judul Death Note Another Note: The Los Angeles BB Murder Cases (アナザーノート — ロサンゼルスBB連続殺人事件)
Novel ini menceritakan tentang Naomi Sora. Inget dong, Naomi Sora mantan FBI yang suaminya dibunuh sama Light Yagami. Saat dia masih menjadi FBI, dia ditugaskan untuk menyelidiki pembunuhan berantai di Los Angeles. Dan dia mendapat perintah dan bantuan langsung dari L. Ternyata disana dia bertemu dengan detektif aneh. Dan dia mengaku namanya adalah Ryuzaki. Sebenarnya dia adalah Beyond Birthday (BB) yaitu salah satu alumni The Wammy's House yang terobsesi mengalahkan L. I have to say that the novel is awesome!

Gw juga tahu novel ini dari salah satu sohib FB gw. Dia ngaku kalau namanya Beyond. Of course it isn't his true name. Anaknya misterius dan pinter banget. Sekarang dia ngilang entah kemana. Katanya dia kuliah di 2 tempat sekaligus. Well, who knows? Beyond, wherever you are, I miss you and wish you well. :)

Wah, sebetulnya banyak sih cerita misteri. Tapi kayaknya segini dulu deh yang gw share. Kalau punya novel atau manga lain yang menarik, boleh dong di share. ^^

ありがとうございます。

No comments:

Post a Comment