October 13, 2012

JROCK Evolution

みんなさま!げんきですか?^^
Pertama-tama saya minta maaf atas lamanya blog ini untuk update! >.<
ごめんね! m(__ __)m
Dan, kenapa tiba-tiba saya berbicara bahasa Jepang? Ini karena ada sesuatu yang menarik baru-baru ini. ^^
Hari minggu lalu, tepatnya tanggal 7 Oktober 2012, ada event yang pasti menggembirakan bagi penggemar Jepang, khususnya penggemar musik J-Rock dan visual kei di tanah air!
Haaaiii.. Yaitu JRock Evolution, yang sudah sudi mampir ke Jakarta, Indonesia!

Apa sih JROCK Evolution itu?
Ini adalah proyek gabungan antara PS Company dan Maverick DC. Mereka adalah agensi yang menaungi band visual kei dan akan mengadakan tur di Asia (Singapore, Jakarta, dan Taipei) dan di Jepang sendiri.
Kalau mau tahu lebih banyak tentang Visual Kei, bisa dibaca disini . :)
Total, akan ada 6 band yang berpartisipasi dalam proyek ini. Namun hanya ada 3 band yang tampil di Indonesia. Yaitu UNITE, MUCC, dan ALICE NINE.

Ini nih, line up artisnya. ^^

  • MUCC (ムック)
Ini band paling senior disini. Debut pada tahun 1997. Anggotanya adalah Miya (Guitarist), Tatsurou (Vocalist), Yukke (Bassist), dan Satochi (Drummer).
Official Website: http://www.55-69.com/

  • ALICE NINE (アリス九號)
Band ini dibentuk tahun 2004, namun sudah mencuri banyak perhatian penggemar JRock dan visual kei di berbagai negara. Anggotanya Shou (Vocalist), Hiroto (Guitarist), Tora (Guitarist), Saga (Bassist), dan Nao (Drummer).

  • GIRUGAMESH (ギルガメッシュ)
Band ini dibentuk tahun 2003. Beranggotakan Satoshi (Vocalist), Nii (Guitarist), Shuu (Bassist), dan Ryo (Drummer).
Official Website: http://www.girugamesh.jp/

  • D=OUT (ダウト)
Mereka memulai aktivitas bandnya di tahun 2006. Anggotanya adalah Kouki (Vocalist), Ibuki (Guitarist), Hikaru (Guitarist), Reika (Bassist), dan Minase (Drummer).

  • UNITE (ユナイト)
Mereka adalah band paling muda yang berpartisipasi disini. Memulai debut pada tahun 2011. Anggotanya adalah Yui (Vocalist), Shiina Mio (Guitarist), Lin (Guitarist), Haku (Bassist), dan Yukimi (Drummer).
Official Website: http://unite-jp.com/

  • SUG
Penampilan band ini sangat penting berhubung band ini memutuskan untuk hiatus tahun depan. Sayangnya SUG tidak ikut ke Jakarta 7 Oktober lalu. :(
Dibentuk tahun 2006, anggota band ini adalah Takeru (Vocalist), Masato (Guitarist), Yuji (Guitarist), Chiyu (Bassist), dan Shinpei (Drummer).

Kalau mau tahu lebih banyak soal JRock Evolution, bisa dibuka websitenya di: http://www.jrockevolution.jp/

Ada beberapa catatan yang saya dapatkan mengenai konser satu ini. Ini adalah pertama kalinya band-band visual kei dari agensi besar seperti mereka mengadakan konser di Indonesia. Bahkan, untuk Alice Nine, Indonesia adalah negara Asia pertama (selain Jepang) yang mereka kunjungi. Untuk pertama kali saya pikir event ini akan menjadi event yang sangat besar. Walaupun nyatanya tidak sesuai bayangan saya.

Mungkin, karena masih jarang artis Jepang yang mengadakan konser di luar negeri, khususnya Indonesia, antisipasi masyarakat tidak sebesar yang diharapkan. Tapi dengan adanya konser-konser yang diadakan belakangan ini (Lar'c en Ciel, AFA ID, Jrock Evolution, dan Miyavi), semoga ke depannya akan semakin banyak artis Jepang yang datang ya. :D

Dan, yang mungkin belum banyak diketahui audience Indonesia, Jepang itu cenderung strict. Agensi artis di Jepang sangat serius dalam menjaga privasi artis mereka. Karena itu, banyak dari entertainer Jepang, entah aktor/aktris, penyanyi, anggota band, bahkan komedian sekalipun, lebih suka menggunakan nama samaran atau nama panggung. Karena dengan begitu privasi mereka dan keluarga mereka akan lebih terjaga. :)
Karena itu, tidak sembarangan orang yang bisa memposting foto/video artis-artis Jepang di internet. Bahkan kalau konser, entah kecil atau besar, pasti ada larangan untuk membawa kamera dan kamera video. Karena mengambil atau merekam gambar sangat dilarang keras disana.
Nah, audience Indonesia yang belum tahu hal ini, nekat saja membawa kamera dan memotret anggota band yang tampil di panggung. Bahkan memposting gambar-gambar dan video tersebut ke internet. Jelas hal ini membuat para staff agensi, bahkan anggota band sendiri kalang kabut. Semoga saja hal ini tidak mempengaruhi anggapan mereka soal Indonesia ya? Dan semoga mereka masih mau kembali lagi disini. :)

Suasana di dalam venue. Credit: Oishi Masahiro







Ah, dan satu hal lagi. Kalau saya melihat video konser di Jepang sana, terlihat sekali kalau mereka sangat disiplin dalam hal antrian. Ya, walaupun di venue yang sangat besar seperti Saitama Super Hall, Budoukan, atau bahkan Tokyo Dome, mereka mengantri dengan tertib dan rapi. Tapi sayang sekali, saya tidak melihat pemandangan itu disini. Konser ini diadakan di Skenoo Hall, Gandaria City, dengan kapasitas hanya sekitar 5000 orang. Tapi beberapa kali saya melihat orang yang menyerobot antrian. Selain itu, saat Alice Nine tampil, audience yang mendapat tempat belakang mendadak maju ke depan, ke tempat vvip seats. Memang sih, tempat duduk tidak diberi nomor. Tapi seats sudah ditentukan berdasarkan antrian. hal ini jelas mengganggu audience lain. :(

Dan, yang menurut saya sedikit.. ehm, memalukan. Ternyata kemarin itu pihak promotor sempat kecolongan. Jadi ada beberapa orang yang masuk secara free, dan mengambil tempat di vvip. FYI, memang ada invitation, yaitu undangan masuk gratis untuk beberapa orang. Namun hanya untuk kelas festival dan vip. Sedangkan untuk vvip tidak ada. Pihak promotor dan staff dari Jepang sedang mengusut hal ini. Duh, sayang banget ya readers. :(

Yah, sekarang lebih baik saya memberikan gambar-gambar dari live kemarin. Seru banget lho readers! ^^

All copyright belong to Oishi Masahiro-san, Maverick DC, and PS Company. I don't owe any of the stuff below.

Official Website:

Oishi Masahiro (大石征裕) : OISHI MASAHIRO Twitter Page , Oishi Masahiro Facebook Page

Audiences



UNiTE Performances






MUCC Performances





ALICE NINE Performances








PRESS CONFERENCE











Yah, sekian yang bisa saya share. Oh ya, mulai sekarang saya berusaha memakai bahasa yang lebih formal. Mohon bantuannya. よろしくおねがいします!

じゃあ〜またね! ^^

No comments:

Post a Comment